Search

Pemerintah Alokasikan Rp5 Triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan

SOLO, iNews.id - Pemerintah mulai mengalokasikan dana abadi kebudayaan dengan jumlah minimal Rp5 triliun pada 2019. Anggaran ini diproyeksikan untuk mendukung upaya pelestarian dan mengembangkan kearifan lokal kebudayaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (MenkoPMK), Puan Maharani menyatakan telah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengecek terkait alokasi dana abadi kebudayaan minimal.

“Sedangkan untuk bagaimana caranya? Akan dilakukan seperti apa? Kini tengah disusun mekanismenya dengan Kemendikbud,” kata Puan seusai memberikan kuliah umum di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Dia menambahkan untuk menjaga kearifan lokal setiap wilayah di Tanah Air tak cukup hanya dilestarikan, tapi juga harus dikembangkan. Sebab budaya merupakan sesuatu sangat penting dan minat anak bangsa terhadap budayanya harus tersalurkan.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan membangun satu tempat kesenian sekelas Opera House yang ada di Sidney, Australia. Opera House di Sidney selama ini dikenal sebagai tempat tampil orang-orang terkenal di bidang kebudayaan atau seniman kaliber internasional.

“Saya minta (tempat kesenian yang akan dibangun) tak boleh kurang dari Operasi House Sidney,” katanya.

Puan mengaku saat melihat mahasiswa ISI Solo tampil, dirinya bangga sekali. Selain memuji penampilan yang bagus, cucu Presiden pertama RI Soekarno ini menilai para mahasiswa ISI memiliki dedikasi terhadap kesenian Indonesia yang indahnya luar biasa.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2CrlMXr
March 19, 2019 at 09:42PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2CrlMXr
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Alokasikan Rp5 Triliun untuk Dana Abadi Kebudayaan"

Post a Comment

Powered by Blogger.