Search

Lolos Parlemen Versi Kompas, Airlangga: Kelihatannya Golkar Sudah Menang

Selain Golkar, lima parpol yang elektabilitasnya berada di melebihi ambang batas masuk parlemen, yaitu PDIP 26,9 persen, Gerindra 17,0 persen, PKB 6,8 persen, Demokrat 4,6 persen, dan PKS 4,5 persen.

Sedangkan tujuh partai lainnya mendapat suara yang jauh di bawah ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4 persen.

Dari survei itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi partai baru yang paling tinggi resistansinya atau dengan kata lain paling ditolak masyarakat. Dengan elektabiltas 0,9 persen, resistansi masyarakat terhadap partai baru pimpinan Grace Natalie ini ditolak oleh 5,6 persen masyarakat.

Selanjutnya adalah Perindo dengan elektabilitas 1,5 persen, resistensinya 1,9 persen. Kemudian Berkarya elektabilitas 0,5 persen, resistensinya 1,3 persen. Selanjutnya, Garuda elektabilitas 0,2 persen, resistensinya 0,9 persen.

Selain survei mengenai resitensi parpol baru, survei Kompas juga menunjukkan Hanura, partai yang mempunyai kursi DPR 2014-2019, terancam gagal masuk Senayan karena elektabilitasnya hanya berkisar 0,9 persen.

Sementara partai lama yang tidak lolos parlemen pada 2014-2019 seperti PBB dan PKPI, berpotensi kembali gagal, karena elektabiltasnya masing-masing 0,4 persen dan 0,2 persen.

Survei juga menunjukkan partai-partai seperti Nasdem, PPP dan PAN belum aman. Sebab, dengan elektabilitas Nasdem (2,6 persen), PPP (2,7), PAN (2,9), masih dalam rentang margin of error dari ancaman ketidaklolosan ambang batas parlemen 4 persen.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2U2Imjb
March 21, 2019 at 04:26PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2U2Imjb
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lolos Parlemen Versi Kompas, Airlangga: Kelihatannya Golkar Sudah Menang"

Post a Comment

Powered by Blogger.