Search

Jokowi: Pembangunan Trans Papua Tuntas Tahun Ini

MAGELANG, iNews.id, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Jalan Trans Papua yang menghubungkan Provinsi Papua Barat dan Papua akan tersambung penuh tahun ini. Penyelesaian jalan itu diharapkan mendongkrak ekonomi kawasan.

Membentang dari Sorong hingga Merauke, jalan nasioal sepanjang 4.330,07 kilometer akan meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolasi dan mengurangi harga barang-barang terutama di Wilayah Timur Indonesia.

"Dalam proses dibangun, sudah selesai 3.800 kilometer yang sudah dibuka. Kita harapkan terbuka total di tahun 2019," ujar Jokowi di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019). Presiden juga menyampaikan hal serupa lewat video dokumentasi yang dibuat oleh Biro Pres Istana Kepresidenan.

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan TNI-Polri Selesaikan Aksi KKB di Nduga Papua

Papua merupakan salah satu pulau yang paling menjadi perhatian Jokowi karena dalam program kerja Nawacita, dari sembilan agenda yang disebutkan, membangun wilayah Nusantara dari pinggiran adalah salah satu prioritas utama.

Pembangunan Trans Papua sebenarnya sudah diinisiasi sejak pemerintahan BJ Habibie dan diteruskan oleh presiden-presiden selanjutnya.

Pembangun infrastruktur di Papua bukan perkara mudah karena harus membelah hutan belantara, dan menyesuaikan dengan kontur tanah pegunungan. Ada juga masalah keamanan.

Bahkan, pada 2016, ada pekerja konstruksi Trans Papua pernah diculik dan pernah terjadi insiden bersenjata. Akan tetapi, komitmen pemerintah memastikan Trans Papua tersambung penuh tahun ini menunjukkan bahwa program kerja Jokowi bukan sekadar janji.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2CBLrwC
March 24, 2019 at 01:12AM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2CBLrwC
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: Pembangunan Trans Papua Tuntas Tahun Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.