Search

Jenis Data Penelitian Berdasar Sifat dan Sumbernya, Penting untuk Peneliti

Jenis data penelitian berdasarkan skala pengukurannya ini bisa dibedakan ke dalam 4 jenis, yaitu data nominal, data ordinal, data interval dan juga data rasio. Keempat jenis data penelitian ini pun memiliki sifat yang berbeda.

- Data Nominal

Jenis data penelitian nominal ini termasuk pula dalam data kualitatif. Sifat dari data ini pun setara dan tudak bisa menunjukkan pada tingkatan tertentu. Selain itu, menggunakan data nominal ini hanya bisa menghasilkan satu jenis kategori saja.

Meskipun data nominal ini menunjukan angka, akan tetapi angka pada data nominal inib tidak memiliki makna matematis sehingga tidak bisa diolah ataupun di analisis.

- Data Ordinal

Sedangkan pada data ordinal memiliki sebuah tingkatan tertentu. Tingkatan yang ada pada data ordinal ini bisanya berurutan baik itu dari yang terendah hingga urutan tertinggi ataupun sebaliknya. 

Akan tetapi, meskipun memiliki jenjang urutan pada data ordinal, data ini pun masih tidak bisa dilakukan pengolahan dengan operasi matematika.

- Data Interval

Data interval ini pun termasuk dalam jenis data penelitian kuantitatif. Selain itu, data ini pun memiliki sifat dari data ordinal, yaitu berupa jenjang urutan dengan kriteria tertentu. Karena termasuk dalam data kuantitatif, maka data interval ini bisa dioleh dengan operasi matematika yang ada.

- Data Rasio

Data rasio ini merupakan jenis data penelitian yang memiliki sifat dari data nominal, ordinal dan juga data interval. Sehingga jenis data penelitian rasio ini merupakan data yang berbentuk angka dan juga dilengkapi dengan titik nol absolute atau mutlak dan juga bisa diterapkan dengan cara diolah dan dianalisis dengan sistem operasi matematika.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FigTk8
March 21, 2019 at 04:40PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2FigTk8
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis Data Penelitian Berdasar Sifat dan Sumbernya, Penting untuk Peneliti"

Post a Comment

Powered by Blogger.