Search

Cara Menggunakan Mikroskop yang Benar, Pahami Bagian dan Fungsinya 

Menemukan Objek

Letakkan preparat di atas meja mikroskop, tepat di atas lubang. Lalu jepitlah slide tersebut dengan penjepit. Pada saat itu, posisi tabung berada pada jarak terjauh dengan meja mikroskop.

Pasang hingga terdengar bunyi ‘klik’. Kemudian turunkan tabung samapi berjarak 1 cm dari atas objek dengan pemutar kasar. Tempatkan lampu di depan cermin, jika memakai sumber cahaya dari luar.

Tempatkan mikroskop dekat jendela, jika memakai cahaya matahari. Kemudian nyalakan tombol untuk menyalakan lampu, jika mikroskop sudah dipasangi lampu.

Anda bisa mengatur banyaknya cahaya yang masuk dengan membuka diafragma iris dan mengatur cermin. Lihat melalui lubang pengamat. Carilah objek yang jelas dengan memutar tombol pemutar halus naik atau turun.

Setelah mendapatkan objek dengan bidang pandang yang jelasm putar cakram mikroskop untuk mengarahkan lensa objektif perbesaran kuat tepat di atas objek. Agar lebih jelas, atur kembali melalui pemutar halusm sambil mengamati lubang pengintai.

Menyiapkan Preparat

Objek-objek yang berukuran kecil dapat langsung diamati di bawah mikroskop tersebut. Namun untuk onjek yang berukuran besar, Anda harus mengambil sebagian dari ibjek tersebut. Objek yang diamati ini selanjutnya diwujudkan dalam sebuah preparat.

Preparat atau spesimen merupakan sediaan bahan yang akan diamati. Preparat dibagi menjadi dua, yaitu preparat basah dan preparat kering. Untuk membuat preparat dibutuhkan alat berupa kaca benda (slide), kaca penutup, objek pengamatan, dan medium.

Medium yang digunakan disesuaikan dengan tujuannya seperti cairan pewarna atau gliserin. Air dipakai sebagai medium untuk mikroorganisme air yang ingin diamati gerakannya. Begitu juga dengan pewarna sebagai medium objek yang ingin diamati bagian-bagiannya.

Pewarna yang digunakan pun juga sesuai dengan kebutuhan. Cukup bagian yang akan diamati saja yang diharapkan akan menyerap pewarn atertentu dan memberikan warna kontras dengan struktur lain di sekelilingnya.

Preparat dibuat cukup dengan mengiris bahan setipis mungkin, melintang atau membujur. Kemudian preparat diletakkan di atas kaca benda tepat di tengah dengan memakai pinset.

Di atas preparat ditetesi medium dengan menggunakan pipet khusus. Selanjutnya, preparat ditutup dengan kaca penutup. Kemudian menekan salah satu sisi kaca dengan jari, sedangkan sisi yang lain diturunkan perlahan-lahan dengan jarum.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FqYfYL
March 21, 2019 at 03:50PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2FqYfYL
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Menggunakan Mikroskop yang Benar, Pahami Bagian dan Fungsinya "

Post a Comment

Powered by Blogger.