Search

Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 3.000 Meter

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Agung di Kabupaten Karangasen, Bali kembali erupsi sekitar pukul 18.58 WITA, Minggu (21/4/2019). Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Agung, tinggi kolom abu vulkanik mencapai sekitar 3.000 meter.

"Kolom abu vulkanik kelabu tebal, tertiup angin condong ke arah Barat. Erupsi ini terekam di seismograf dengan durasi kurang lebih 1 menit 22 detik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Sutopo mengatakan erupsi ini lebih besar dibandingkan erupsi tadi pagi pukul 03.21 WITA. Ketika itu tinggi kolom abu vulkanik mencapai 2.000 meter.

"Diperkirakan hujan abu akan jatuh di sekitar Gunung Agung, khususnya di wilayah selatan hingga barat daya sesuai citra satelit Himawari," ucap Sutopo.

Selain itu, Gunung Agung juga mengalami erupsi disertai lontara batu pijar di sekitar puncaknya. Lontaran material letusan berupa abu vulkanik dan pasir mencapai 2.500 - 3.000 meter dari puncak ke segala arah. Suara letusan terdengar hingga Bangli dan Klungkung.

Meski demikian, Sutopo memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga juga diminta tidak panik.

"Status masih tetap Siaga (level III)," kata Sutopo.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Gq6Xpf
April 21, 2019 at 07:35PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2Gq6Xpf
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 3.000 Meter"

Post a Comment

Powered by Blogger.