Search

Penyebab Sinusitis, Pengertian dan Cara Pengobatannya yang Sederhana di Rumah

Penyebab sinusitis bila dijelaskan adalah pembengkakan dinding dalam hidung akibat virus atau sebuah reaksi alergi yang menyerang saluran pernapasan bagian atas. Setelah itu, virus tersebut membuat hidung menghasilkan banyak lendir yang mengakibatkan terjadinya penumpukan di saluran hidung.

Bakteri dan kuman akan berkembang pada penumpukan tersebut dan menyebabkan penyumbatan dan infeksi. Penyebab sinusitis yang paling sering terjadi adalah karena bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (pertumbuhan daging jinak di hidung yang membuat napas kamu tersumbat).

Selain itu, flu atau kontak dengan makanan, minum, menghirup atau menyentuh sesuatu yang membuat kamu alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab sinusitis.

Dari uraian di atas, kamu bisa menyimpulkan bahwa penyebab sinusitis bisa dibagi ke dalam dua kategori yaitu:

1. Penyebab sinusitis karena infkesi dan kebiasaan-kebiasaan lainnya

2. Penyebab sinusitis karena dipicu kondisi medis.

Ada beberapa faktor meningkatnya penyebab sinusitis pada orang dewasa. Di antaranya adalah cedera hidung, infeksi jamur, infeksi gigi, aktivitas menyelam dan berenang, kebiasaan merokok, baik yang aktif maupun yang pasif, atau pembesaran kelenjar adenoid.

Sedangkan, penyebab sinusitis kedua yang dipicu oleh beberapa kondisi medis. Di antaranya adalah polip hidung, tulang hidung bengkok, alergi, cystic fibrosis, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Polip hidung sediri merupakan jaringan yang tumbuh dan membentuk massa di dalam hidung, dan menyebabkan hidung tersumbat. Sedangkan contoh alergi di sini adalah rhinitis alergi atau asma.

Alergi-alergi ini dapat menyebabkan terhambatnya saluran sinus kamu. Cystic Fibrosis adalah kelainan genetik yang membuat lendir jadi mengental, lalu menumpuk dan menyumbat saluran yang ada di dalam tubuh, terutama saluran pernapasan dan pencernaan.

Gejala gejala sinusitis dapat kamu lihat ketika:

-Adanya pembengkakan di sekitar mata.

- Merasa nyeri pada bagian wajah.

- Ingus berwarna kuning kehijauan.

- Menurunnya fungsi indera penciuman.

Sedangkan pada anak anak, penyebab sinusitis bisa terjadi adalah karena beberapa hal, seperti:

- Alergi

- Tertular dari anak lain

- Kebiasaan minum dari botol atau menggunakan dot ketika sedang berbaring

- Tinggal di lingkungan yang penuh dengan asap

Biasanya ketika anak anak mengalami sinusitis ditandai dengan gejala batuk dan hidung tersumbat yang terjadi. Tidak jarang anak anak jadi sering menangis.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2US0FsP
April 24, 2019 at 05:10PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2US0FsP
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Sinusitis, Pengertian dan Cara Pengobatannya yang Sederhana di Rumah"

Post a Comment

Powered by Blogger.