Search

Inilah Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel, Bisa Permudah Pekerjaanmu

1. COUNT

Sebelumnya kamu perlu mengetahui rumus COUNT. Rumus COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya pemilik data yang berbentuk sumber atau angka saja. COUNT berbeda dengan SUM yang digunakan untuk menghitung jumlah datanya. Rumus COUNT hanya bisa digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel yang memiliki angka saja.

Rumus COUNT:

=COUNT(sel awal:sel akhir)

2. COUNTA

Rumus COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data sama halnya dengan rumus COUNT. Namun COUNTA bisa menghitung tipe data berbentuk angka, numerik, tulisan, teks, dan lain sebagainya.

Rumus COUNTA:

=COUNTA(sel awal:sel akhir)

3. COUNTIF

COUNTIF merupakan rumus yang berfungsi untuk menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu. Kamu juga bisa menghitung sel yang ingin kamu hitung saja. Fungsi COUNTIF bisa menghitung berbagai jenis macam data mulai dari nomor, teks, lambang, dan lain sebagainya.

Rumus COUNTIF:

=COUNTIF(sel awal:sel akhir;"kata, angka, dan lain sebagainya")

4. COUNTBLANK

COUNTBLANK digunakan untuk menghitung banyaknya sel kosong yang terdapat dalam suatu range yang telah ditentukan. Jadi rumus ini bisa menentukan berapa sel atau tabel yang kosong atau tidak terisi, dengan mudah.

Rumus COUNTBLANK:

=COUNTBLANK(sel awal:sel akhir)

5. COUNTIFS

Rumus COUNTIFS digunakan untuk menghitung banyaknya data dengan beberapa kriteria tertentu dalam sebuag tabel atau data. Berbeda dengan rumus COUNTIF yang bisa menghitung secara keseluruhan, rumus COUNTIFS akan menghitung kriteria tertentu yang kamu inginkan dan lebih spesifikasi lagi.

Rumus COUNTIFS:

=COUNTIFS(kriteria_range1; kriteria1; [kriteria_range2; kriteria2]…)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2v7qXbd
April 16, 2019 at 05:25PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2v7qXbd
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Inilah Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel, Bisa Permudah Pekerjaanmu"

Post a Comment

Powered by Blogger.