Search

Begini Cara Ade Fitrie Kirana Memaknai Hari Kartini

Ade Fitrie Kirana mencatat sejumlah pelajaran penting dari sosok Kartini untuk diteladani perempuan masa kini.

"Mengenang Kartini bukanlah mengenang keningratan darah nya, namun mengenang keningratan cara pikirnya dan budi Kartini," kata Ade Fitrie Kirana.

Setidaknya, Ade Fitrie Kirana melanjutkan, ada empat hal yang penting agar makna Hari Kartini bisa aktual dan relevan. Pertama, Kartini merupakan seorang yang berpikir maju tentang masa depan, dan itu terjadi karena Kartini sangat kuat mendorong pentingnya pendidikan untuk perempuan.

"Kedua, Kartini menentang diskriminasi gender yang tumbuh dari cara pandang feodal. Itu berarti perayaan Hari Kartini sama saja dengan merayakan Hari antidiskriminasi gender. Ketiga, Kartini adalah perempuan yang menulis tentang bangsanya dan tentang kaumnya. Keempat, Kartini wafat tepat empat hari setelah melahirkan. Bila dikaitkan saat ini dimana angka kematian ibu hamil dan melahirkan yang masih tinggi, maka itu bisa sekaligus menginspirasi gerakan kita untuk memperbaikinya," Ade Fitrie Kirana memungkasi.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2W3vRlr
April 21, 2019 at 02:20PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2W3vRlr
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Ade Fitrie Kirana Memaknai Hari Kartini"

Post a Comment

Powered by Blogger.