Search

100 Orang Tewas akibat Serangan Udara di Penjara Yaman

SANAA, iNews.id - Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi melancarkan serangan udara ke bagian barat daya Yaman. Serangan yang menghantam kompleks penjara di Kota Dhamar itu dilaporkan menewaskan sekitar 100 orang.

Delegasi Komite Palang Merah Internasional di Yaman, Franz Rauchenstein, mengunjungi kompleks penjara dan rumah sakit usai serangan yang terjadi pada Minggu (1/9). Usai kunjungan, dia mengatakan lebih dari 100 terbunuh.

"Ada tiga bangunan yang dihantam dan gedung tempat para tahanan itu berada, sebagian besar atau sebagian besar telah terbunuh," kata Rauchenstein, kepada Reuters melalui telepon, Senin (2/9/2019).

"Tahanan di fasilitas itu adalah tahanan yang kami kunjungi sehubungan dengan konflik," ujar dia.

Dia mengatakan, Kelompok Bulan Sabit Merah Yaman masih berusaha mengambil mayat dan sekitar 50 orang yang terluka sudah dilarikan ke rumah sakit.

Kantor Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Yaman (Yemeni Red Crescent Society) menyatakan, setidaknya ada 52 tahanan tewas. Sementara itu 68 tahanan masih hilang.

"Saya berharap koalisi akan meluncurkan penyelidikan atas insiden ini. Akuntabilitas perlu menang," bunyi pernyataan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal untuk Yaman, Martin Griffiths.

Warga mengatakan kepada Reuters, ada enam serangan udara.

"Ledakan itu kuat dan mengguncang kota," kata seorang warga.

"Setelah itu, sirene ambulans dapat terdengar sampai subuh," imbuh dia.

Sementara, Koalisi Saudi, yang mendapat kecaman oleh kelompok-kelompok HAM internasional atas serangan udara yang menewaskan warga sipil, mengatakan pihaknya mengambil langkah-langkah untuk melindungi warga sipil di Dhamar dan serangan itu sesuai dengan hukum internasional.

Yaman dilanda kekerasan sejak 2014, ketika kelompok Houthi yang berpihak ke Iran menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun berikutnya, ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arabnya meluncurkan kampanye udara besar-besaran yang bertujuan meredam Houthi di Yaman dan mendukung pemerintah pro-Saudi di negara itu.

Lebih dari 70.000 orang terbunuh dalam konflik yang membesar sejak 2016, menurut perkiraan PBB.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2HFaDVL
September 02, 2019 at 02:58PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2HFaDVL
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "100 Orang Tewas akibat Serangan Udara di Penjara Yaman"

Post a Comment

Powered by Blogger.