Search

Mendag Sebut Jepang Lobi Indonesia Dukung Keterbukaan Big Data dalam Forum G-20

JAKARTA, iNews.id - Jepang disebutkan mencari dukungan Indonesia soal transparansi big data. Data digital akan menjadi isu krusial dalam pertemuan G-20 yang rencananya akan digelar di Osaka, Jepang pada akhir bulan depan.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita hari ini bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko. Pertemuan itu mencari kesamaan pandangan tentang berbagai isu yang akan dibahas dalam G-20.

Jepang, kata dia, mendorong transparansi big data lewat "free flow with trust". Kampanye ini dilontarkan PM Jepang, Shinzo Abe dalam pertemuan World Economic Forum (WEF) belum lama ini.

"Jepang mengharapkan bisa mencapai kesepakatan, secara umum Jepang mengharapkan mendukung sampai menghasilkan satu kesepakatan bersama tingkat menteri," kata Enggar usai bertemu Seko di kantornya, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Terkait hal ini, Enggar mengaku telah berkonsultasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Posisi Indonesia, kata dia, siap mendukung kampanye tersebut dengan sejumlah catatan.

"Jadi dari terminologi saja sudah ada perbedaan di berbagai negara. Tetapi kami sudah dengan Menkominfo, Indonesia bisa menerima dengan beberapa catatan," kata dia.

Dari sisi Indonesia, pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat itu mengakui pemerintah membutuhkan data digital karena keterbatasan untuk memperolehnya. Big data saat ini menjadi sumber daya paling berharga di dunia dengan akses terbatas.

PM Abe menyampaikan kampanye "free flow with trust" dalam WEF di Davos, Swiss pada Januari 2019. Big data saat ini disebut-sebut menggantikan peran minyak mentah sebagai sumber daya paling bernilai.

Namun, negara adidaya seperti AS dan China, termasuk perusahaan-perusahaan raksasa teknologi menyimpannya rapat-rapat demi kepentingan negara masing-masing. Padahal, setiap negara membutuhkan data untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat, mulai dari aspek kesehatan hingga lalu lintas.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2WaBFNT
May 29, 2019 at 09:52PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2WaBFNT
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mendag Sebut Jepang Lobi Indonesia Dukung Keterbukaan Big Data dalam Forum G-20"

Post a Comment

Powered by Blogger.