Search

Fakta Menarik di Balik Lake Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia Barat

Liputan6.com, Esperance - Alam selalu memiliki misteri yang mampu membuat takjub manusia. Begitu halnya dengan eksistensi sebuah danau unik negara bagian Australia Barat, yang memuat air berwarna merah muda, di mana sekilas, warnanya menyerupai visual milkshake atau susu kocok stroberi.

Dinamai Lake Hillier, danau ini pertama kali ditemukan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada 1802, dan berlokasi di Middle Island, yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Recherche, di pesisir selatan negara bagian Australia Barat.

Asal muasal warna merah muda pada peraian Lake Hillier masih belum diketahui pasti. Namun, sebagian besar ilmuwan meyakini fenomena unik itu mungkin ada hubungannya dengan kehadiran spesies spesifik mikroalga, Dunaliella Salina.

Mikroorganisme pelahap garam secara fotosintesis ini mampu mentoleransi konsentrasi garam yang sangat tinggi, mulai dari 0,2 persen hingga sebanyak 35 persen.

Makhluk-makhluk kecil tersebut menghasilkan pigmen karotenoid, yakni sejenis beta-karoten yang juga ditemukan dalam wortel.

"Beberapa ilmuwan meyakini pigmen tersebut sebagai pemicu munculnya warna susu kocok stroberi pada air danau," kata Que Ying Morrison, pemandu dalam agenda tur wisata pasca-penyelenggaraan konvensi Australia Tourism Exchange 2019 di Perth.

Selain itu, kemunculan warna susu kocok stroberi tersebut turut dipengaruhi oleh adanya bakteri halofilik dan archaea di kerak garam danau. Mikroorganisme non-alga ini juga menghasilkan pigmen karotenoid yang serupa di dalam membran selnya, di mana berkontribusi memunculkan kepekatan warna merah danau pada air danau terkait.

Proyek Extreme Microbiome, bagian dari Asosiasi Fasilitas Sumberdaya Biomolekuler (ABRF) milik pemerintah Australia, pernah dilakukan di danau unik ini.

Para peneliti menggunakan analisis metagenomik di seluruh perairan Lake Hiller untuk menemukan Dunaliella serta Salinibacter Ruber, Dechloromonas Aromatica, dan beberapa spesies archaea lainnya.

Bakteri dan archaea cenderung membentuk sebagian besar ekologi-mikro danau hipersalin seperti yang tampak pada warna perairan Lake Hillier.

Di seantero dunia, Lake Hillier bukanlah satu-satunya danau yang memiliki warna merah muda pekat. Terdapat kembarannya yang lebih kecil di Senegal berjuluk Retba, dan terkenal sebagai salah satu lintasan unik dalam ajang balap tahunan Reli Dakar.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2UAczHm
April 15, 2019 at 06:01PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2UAczHm
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fakta Menarik di Balik Lake Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia Barat"

Post a Comment

Powered by Blogger.