Search

Kenali Penyakit Polio, Penyebab dan Gejalanya Sejak Dini Sebelum Terlambat

1. Polio paralitik

Ada sekitar 1% infeksi penyakit polio yang berkembang menjadi polio paralitik. Polio jenis ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada sumsum tulang belakang atau kelumpuhan tulang belakang batang otak.

Gejala dari penyakit polio paralitik adalah hilangnya refleks, kejang parah, nyeri otot, kelumpuhan mendadak seperti di pinggul atau pergelangan kaki. Selain itu dari 5%-10% kasus penyakit polio, virus polio bisa menyerang otot yang membantu sistem pernapasan sehingga bisa menyebabkan kematian.

2. Polio non-paralitik

Penyakit polio ini disebut dengan polio abortif atau polio yang tidak menyebabkan kelumpuhan. Namun penyakit polio ini bisa menyebabkan gangguan penyakit ringan seperti flu yang menyerupai penyakit virus lainnya. Gejala dari polio non-paralitik adalah demam, sakit tenggorokan, mudah lelah, sakit kepala, atau nyeri punggung.

3. Sindrom pasca polio

Penyakit polio ini adalah sekelompok tanda atau gejala yang bisa menyebabkan kelumpuhan pada seseorang setelah beberapa tahun mengalami serangan polio. Biasanya kelumpuhan ini akan datang 15-35 tahun kemudian. Beberapa gejala umum dari sindrom pasca polio dapat berupa kelemahan sendi, sulit bernapas atau sulit menelan, depresi, serta mudah lelah.

Penyakit polio sendiri memiliki nama asli yang disebut dengan poliomielitis. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang kemudian menyerang kesehatan sistem saraf. Ada 3 jenis virus polio yaitu virus tipe 1 atau Brunhilde, virus tipe 2 atau Lansing, dan virus tipe 3 atau Leon.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TLW1Lm
March 12, 2019 at 04:36PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2TLW1Lm
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Penyakit Polio, Penyebab dan Gejalanya Sejak Dini Sebelum Terlambat"

Post a Comment

Powered by Blogger.