Search

Groundbreaking, MRT Rute Bundaran HI-Kota Ditargetkan Selesai 2024

JAKARTA, iNews.id - Proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II rute Bundaran HI - Stasiun Kota memasuki fase peletakan batu pertama (groundbreaking). MRT terusan Lebak Bulus - Bundaran HI itu ditargetkan selesai 2024.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, proses pembangunan MRT fase II sepanjang 8,3 kilometer akan dimulai paling lambat April 2019. Jika tepat waktu, pembangunan proyek itu memakan waktu sekitar lima tahun.

"Kalau di mulai tahun ini on-time, maka MRT fase II, Bundaran HI - Kota akan diharapkan selesai 2024," kata William di Jakarta, Minggu (24/3/2019).

BACA JUGA:

Jokowi Minta Pembangunan MRT Rute Cikarang-Balaraja Dimulai Tahun Ini

Groundbreaking MRT Jakarta Fase II Bundaran HI-Kota Kembali Molor

William menambahkan, MRT Jakarta telah menyelesaikan proses lelang paket CP200. Paket ini meliputi proses pembangunan gardu bawah tanah di Monas.

"Kita dalam proses pelelangan CP201, yaitu dari Bundaran HI ke Harmoni. Kemudian kita akan mulai pelelangan-pelelangan selanjutnya. Tahun ini kita mulai proses pembebasan lahan dan penanganan utilitas," tutur dia.

William memastikan, investasi pembangunan MRT fase II lebih mahal dibandingkan fase I meski jaraknya lebih pendek. Hal ini tidak terlepas dari struktur tanah Jakarta yang makin lembek mendekati laut.

Dia menyebut, investasi yang dibutuhkan untuk MRT fase II sekitar Rp22,5 triliun, lebih besar daripada fase I yang sebesar Rp14,2 triliun. Pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) mulai cair.

"Kita dapat pinjaman dari pemerintah Jepang. Jadi tinggal dikerjakan," ujarnya.

Proyek MRT fase II akan dimulai dari Bundaran HI. Sebelum ke Kota, ada enam stasiun yang membentang yaitu Stasiun Sarinah, Stasiun Monas, Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, Stasiun Mangga Besar, dan Stasiun Glodok.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TrWuhM
March 24, 2019 at 10:10PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2TrWuhM
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Groundbreaking, MRT Rute Bundaran HI-Kota Ditargetkan Selesai 2024"

Post a Comment

Powered by Blogger.