Search

Bidik Pasar Mobil di Australia, Indonesia Bertekad Kalahkan Thailand

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik pasar otomotif di Australia yang cukup besar. Hal ini menyusul ditekennya perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan Australia.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, produk yang paling potensial masuk ke Australia yaitu mobil listrik dan hybrid. Tarif preferensi kedua jenis mobil tersebut kini 0 persen sesuai Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Dalam sepuluh tahun terakir, industri otomotif di Australia menutup banyak pabrik karena tidak menguntungkan. Untuk itu, Negeri Kanguru mengimpor mobil dari sejumlah negara seperti Thailand, Jepang, China, dan India.

“Dengan demikian, potensi pasar otomotif di Australia sebesar 1,1 juta sudah terbuka bagi produsen Indonesia,” kata Menperin melalui keterangan tertulis, Selasa (12/3/2019).

Dia menyebut, 70 persen pasar mobil di Australia diisi produk impor. Mobil penumpang yang paling diminati di Australia terutama berjenis sedan dan crossover sementara mobil komersial yang paling banyak diburu yaitu kabin ganda.

Mobil penumpang yang paling laris di Australia, kata Menperin, yaitu Mazda 3, Toyota Corolla dan Camry, Holden Toyota RAV 4, dan Hyundai i30. Sementara mobil kabin ganda yang populer di antaranya Toyota Hilux, Ford Ranger, dan Isuzu D MAX.

Menurut Menperin, penjualan mobil di Australia relatif stabil dalam lima tahun terakhir. Penjualan tertinggi terjadi pada 2016 sebesar 1,17 juta unit.

Saat ini, pesaing Indonesia di ASEAN hanya Thailand. Menperin yakin IA-CEPA membuat Indonesia melampaui Thailand. Saat ini, produksi mobil Negeri Gajah itu mencapai 2,1 juta unit dengan ekspor 1,1 juta unit sementara Indonesia 1,3 juta unit dan ekspor 346 ribu unit.

"Persentase ekspor Thailand 53 persen, Indonesia ekspornya 26 persen dan sebagai catatan Thailand sudah memiliki Free Trade agreement dengan Australia, Selandia Baru, India Jepang, Peru, Chile. Sedangkan Indonesia yang sudah berjalan baru dengan Jepang, Pakistan, Cile, Eropa,” ujar Menperin.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2TOnr3u
March 12, 2019 at 11:20PM from iNews.id | Inspiring & Informative https://ift.tt/2TOnr3u
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bidik Pasar Mobil di Australia, Indonesia Bertekad Kalahkan Thailand"

Post a Comment

Powered by Blogger.