Search

KPU Thailand Diskualifikasi Kakak Raja sebagai Calon Perdana Menteri

BANGKOK, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum Thailand (KPU) mendiskualifikasi Putri Ubolratana Rajaksana, kakak dari Raja Maha Vijaralongkorn, sebagai peserta pemilu perdana menteri.

Perempuan 67 tahun itu dicalonkan oleh Partai Raksa Chart pada Jumat pekan lalu untuk maju dalam pemilu yang akan berlangsung pada 24 Maret 2019.

Komisi pemilihan merilis para kandidat pemilu dari berbagai partai, Senin (11/2/2019), namun nama Putri Ubolratana tidak masuk dalam daftar.

"KPU hari ini mengumumkan nama-nama kandidat tanpa menyertakan Putri Ubolratana yang dicalonkan oleh Partai Raksa Chart," bunyi pernyataan KPU, dikutip dari AFP.

Dalam pernyataan, komisi pemilihan menyatakan keluarga kerajaan seharusnya berada di atas politik sehingga tidak boleh masuk ke partai. Raja Maha Vajiralongkorn juga menegaskan pencalonan kakaknya tidak pantas.

Majunya Putri Ubolratana sebagai kandidat mengejutkan publik Thailand karena mendobrak tradisi kerajaan. Pasalnya, sejak pemerintahan monarki terbentuk pada 1924, keluarga kerajaan tak pernah terlibat dalam politik.

Sementara itu Partai Raksa Chart mengajukan nama Ubolratana berdasarkan desakan dari para pendukung. Partai tersebut identik dengan keluarga Thaksin Shinawatra, mantan PM Thailand yang digulingkan pada 2006 terkait skandal korupsi. Thaksin kini tinggal di pengasingan di luar negeri. Raksa Chart memiliki basis pendukung loyal di perdesaan.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2DxOgPg
February 11, 2019 at 11:39PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2DxOgPg
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Thailand Diskualifikasi Kakak Raja sebagai Calon Perdana Menteri"

Post a Comment

Powered by Blogger.