Search

Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Dilakukan Secepatnya

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membebaskan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir dari Lembaga Pemasyarakaran (Lapas) Teroris Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Abu Bakar Ba’asyir sudah mendekam dalam lapas itu selama sembilan tahun dari total pidana 15 tahun yang dijatuhkan kepadanya.

“Sudah saatnya Ba’asyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan. Jokowi berpendapat bahwa Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan,” ungkap Yusril melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Ba’asyir kini telah berusia 81 tahun dan dalam kondisi kesehatan yang makin menurun. Menurut Yusril, Jokowi sangat prihatin dengan keadaan pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu, sehingga meminta Yusril untuk menelaah, berdialog, dan bertemu Ba’asyir di Lapas Gunungsindur. Semua pembicaraan dengan Baasyir lalu dilaporkan Yusril ke Jokowi, sehingga kepala negara pun yakin bahwa ada cukup alasan untuk membebaskan Ba’asyir dari penjara.

“Saya sangat menghormati para ulama. Saya tidak ingin ada ulama yang berlama-lama berada dalam lembaga pemasyarakatan. Karena itu, Presiden Jokowi segera memerintahkan jajarannya untuk membebaskan Ba’asyir. Penangkapan Ba’asyir dengan tuduhan terorisme terjadi pada masa pemerintahan SBY,” kata Yusril.

BACA JUGA: Kubu Jokowi Kritik Konsep Prabowo soal Jabatan Presiden untuk Intervensi Hukum

Menurut kuasa hukum pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin itu, pembebasan Ba’asyir akan dilakukan secepatnya sambil merampungkan administrasi pidana sang ustaz di Lapas Gunungsindur. Ba’asyir sendiri minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Baasyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim.

Ba’asyir mengaku bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya. Selama berada berada di dalam penjara, Ba’asyir berkenalan dengan juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit.

“Pak Yusril, (juru rawat) ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” kata Baasyir kepada Yusril.

Siang tadi, Yusril datang ke Lapas Gunungsindur ditemani adiknya, Yusron Ihza, dan Sekjen Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor. Yusril pun didaulat untuk menjadi imam dan khatib Jum’at di Masjid Lapas Gunungsindur. Keluarga Ustaz Abu Bakar Baasyir juga datang dari Solo. Hadir pula pengacara Abu Bakar Ba’asyir, Achmad Michdan, yang turut bersyukur atas bebasnya pimpinan MMI itu.

BACA JUGA: Yusril Sebut Jokowi Bebaskan Abu Bakar Ba'asyir karena Alasan Kemanusiaan

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2sy1QNf
January 18, 2019 at 11:21PM from iNews.id | Inspiring & Informative http://bit.ly/2sy1QNf
via IFTTT

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Dilakukan Secepatnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.